Cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup

Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num) atau bisa juga dibaca =VLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom). Sedangkan fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal. Bentuk penulisan fungsinya =HLOOKUP(lookup_value, tabel_array, row_index_num) atau bisa juga dibaca =HLOOKUP(nilai kunci, letak table, nomor baris).
Contoh Soal VLOOKUP dan HLOOKUP
Bukalah ms. office excel anda lalu ketikkan soal di bawah ini :
gambar vlookup hlookup 1

Ini fungsi tombol F1 hingga F12 pada keyboard yang kerap diabaikan


Banyak orang yang mengabaikan tombol tersebut, padahal jika ditilik ada banyak sekali fungsi F1 - F12.
Banyak orang yang selama ini membanggakan bisa mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard.

Google Chrome boros batrai Laptop

Tes ini sudah diuji coba menggunakan Windows 10, yaitu ASUS ZenBook UX305F, Microsoft Surface Pro 3, serta Toshiba Portege Z20t-B.
Browser apa yang kamu gunakan untuk berselancar di dunia maya? Internet Explorer? Mozilla Firefox? Atau Google Chrome? Kalau menurut kebanyakan survei sih, banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan browser besutan Google, yakni Chrome, untuk keperluan browsing mereka.

Membuat Quick Text atau autocorrect pada Excel

Buat singkatan bisa otomatis tertulis teks yang sebenarnya
Adalah fitur dari AutoCorrect yang akan otomatis mengganti menjadi kata tertentu ketika kamu mengetik huruf tertentu. Klik menu FILE -> OPTIONS -> PROOFING -> AUTOCORRECT OPTION dan masukkan huruf tertentu untuk mengacu kata atau kalimat tertentu yang kamu masukkan di kolom berikutnya. Lihat gambar!



Ubah Uppercase, Sentencase, Lowercase, pada Excel

Mengubah-ubah struktur huruf besar dengan perintah teks
Dengan ketikan kata UPPER untuk mengganti huruf besar semua, LOWER untuk mengganti huruf kecil semua atau PROPER untuk mengganti huruf besar hanya di awal saja, di kotak merah sebagaimana di gambar.



Menggabungkan data-data panjang dan rumit pada Excel, hanya dengan '&'

Menggabungkan data-data panjang dan rumit, kuncinya hanya '&'
Sebagaimana gambar di bawah, pilih kolom atau baris mana yang hendak kamu inginkan sebagai tempat data gabungan. Misal seperti gambar, di F2, ketik saja = lalu diikuti satu per satu kolom yang hendak digabung dengan disisipi tanda & di antara kolom-kolom yang ditulisnya. Lalu tekan saja ENTER maka akan muncul hasilnya.



Fungsi Transpose pada Excel -Ubah posisi data dari kolom ke baris, juga sebaliknya

Ubah posisi data dari kolom ke baris, juga sebaliknya
Dengan mengeklik menu HOME -> PASTE -> TRANSPOSE kamu bisa merubah data yang tadinya kolom menjadi baris sebagaimana gambar di bawah ini.



Menyalin data terunik dari sekumpulan data Excel Sheet

Menyalin data terunik dari sekumpulan data
Setelh mengeklik kolom atau baris di mana data unik ingin ditampilkan, klik menu DATA -> ADVANCE. Kemudian akan muncul menu pop-up sebagaimana gambar di bawah. Lalu, klik Copy to another location, terus masukkan target spesifik kolom atau baris yang kamu inginkan atau dengan cara lain mengeklik kolom atau baris yang diinginkan, lalu klik Unique records only dan klik OK.



Mencari data yang masih samar (karakter khusus) pada Excel

Mencari data yang masih samar (karakter khusus)
Data-data yang spesifikasinya masih samar cukup sulit dicari jika hanya menggunakan mesin pencari biasa Find and Replace CTRL + F. Kamu perlu menambah simbol (~) di kolom pencarian Find and Replace atau CTRL + F untuk mencari data yang spesifikasinya masih sama. Coba deh!



Cara cepat menghapus tabel kosong Pada Excel

Cara cepat menghapus tabel kosong
Image result for excel filter
Saat kamu mengolah data, sangat mungkin di dalam tabelmu ada kolom atau baris yang kosong. Nah, supaya tampilan data lebih akurat, hilangkan tampilan kosong-kosong tersebut. Caranya mudah,