Berikut ini Adalah Kelebihan dan Kekurangan dari Mikrotik Router OS

Image result for routerboard mikrotik
Mulai dari kelebihannya secara umum, bahwa mikrotik router os ini memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan sebagai pelengkap untuk membangun sebuah jaringan internet. Firewall dan Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS Server, DHCP Server, adalah fitur pelengkap yang dalam fungsinya bisa digunakan dalam dua tipe yaitu secara perangkat keras atau perangkat lunak.


a.    Kelebihan

Yang Anda harus ketahui, bahwa Mikrotik ini mempunyai sebuah operating system yang disebut dengan Router OS. Sistem tersebut dibangun dengan menggunakan linux yang sifatnya open source, sehingga terbilang harganya yang murah dan terjangkau. Kemudian dengan menggunakan mikrotik ini, bisa mendeteksi berbagai macam ethernet dari vendor yang ada, sehingga penggunaan dari mikrotik ini tergolong user friendly, dan tidak menyebabkan kesulitan yang berarti.

b.    Kelemahan

Untuk kekurangan dari Mikrotik ini adalah belum mampu menangani sebuah jaringan internet dalam skala besar, karena sertifikasi yang dikeluarkan merupakan sertifikasi yang kurang begitu terkenal tidak seperti halnya dengan cisco yang sertifikasi nya diakui oleh internasional, sehingga hal ini yang menjadikan mikrotik mempunyai kekurangan.

Kelebihan Memakai PC dengan Router Mikrotik

  1. -> Dibandingkan dengan router dari vendor lain, Mikrotik ini sangat cocok dan sifatnya kuat jika dijadikan sebuah router dalam komponen yang cukup besar, apalagi jika dilihat secara fisiknya sebuah router mikrotik.
  2. -> Apabila kita mengalami sebuah kendala, contohnya semua komponen dari Router rusak, tetapi harddisk nya masih bisa digunakan, maka bisa dikategorikan aman, karena data tidak akan hilang.
  3. -> Lebih friendly apabila kita ingin memodifikasi dalam spek yang lebih tinggi untuk proxy server.
  4. -> Kemudian untuk proses format, mikrotik ini cenderung paling mudah dibanding router lain. Karena, tinggal tinggal burn disk mikrotik lalu bisa dilakukan format seperti biasanya.

Kekurangan Memakai PC dengan Router Mikrotik

  1. -> Sulit untuk melakukan re-setting apabila kita lupa dengan passwordnya.
  2. -> Membutuhkan banyak tempat untuk memasang.
  3. -> Membutuhkan banyak listrik.
  4. -> Sering sekali terjadi bad sector harddisk.
  5. -> Sedikit terlalu ringkih apabila dibawa kemana-mana apalagi ke tempat yang jauh.
Dari beberapa kekurangan dan kelebihan Mikrotik bisa Anda jadikan sebuah informasi untuk memasang sebuah jaringan internet. Kemudian bisa dipertimbangkan kembali mana yang akan Anda pakai untuk membuat sebuah network. Demikian ulasan yang bisa saya sampaikan kepada kawan netizens semua, semoga bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment